safari ramadhan 3 1

 (Silangkitang29/04/2021) Tim Safari Dakwah Pengadilan Agama Rantauprapat dengan mengusung Thema membangun kesadaran hukum keluarga Islam, kembali menyapa masyarakat sekitar’ kali ini Tim yang langsung di pimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs.H. Ribat, S.H.,M.H. bersama tim pada malam Juma’at tanggal 29 April 2021 kembali mengunjungi Masjid Arrahman Desa Aek Gotik Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Perjalanan dari kantor Pengadilan Agama Ratauprapat menuju lokasi memakan waktu lebih kurang satu Jam. Sesampainya rombongan sore menjelang berbuka puasa langsung  disambut oleh Ketua MUI Silangkitang Bapak. H Adnan sekaligus juga dijamu buka puasa bersama  keluarga bapak Adnan.

Tim bersama jama’ah Aek Gotik Silangkitang melaksanakan shalat Isya dan Tarawih berjama’ah, usai Tarawih acara safari Dakwah Ramadhan Pengadilan Agama Rantauprapat oleh Badan Kemakmuran Masjid BKM Arrohman mempersilakan Tim  untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya.

safari ramadhan 3 2

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H.,M.H. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas antusias jama’ah untuk menghadiri kegiatan safari Dakwah ramadhan ini.. kami disambut dan dijamu buka puasa dan makan malam di rumah tokoh Agama bpk Adnan, kiranya Alah SWT membalas kebaikan dan dimurahkan rizkinya oleh Allah SWT. ungkapnya. Beliau juga merasa gembira dengan jama’ah shalat tarawih yang cukup banyak dan selama kami bersafari di mesjid Arrohman inilah yang paling banyak jama’ahnya..namun meskipun demikian berdasarkan data perkara yang  masuk ke Pengadilan Agama Rantauprapat, Kecamatan Silangkitang termasuk Kecamatan yang paling banyak mengalami persoalan rumah tangganya sehingga harus mengajukan gugatan perceraian..papar Ketua. Disamping itu angka pernikahan dini juga banyak terjadi di Kecamatan ini hal tersebut terlihat dari pengajuan Dispensasi kawin yang dari segi kuantitas sudah sangat mengkhawatirkan. Oleh karenanya kami datang ke sini bermaksud memberikan penyuluhan hukum keluarga Islam, agar masyarakat Islam yang tinggal di daerah ini mempunyai kesadaran tinggi bahwa pernikahan dini harus sama-sama kita cegah dan rumah tangganya berjalan damai dan sakinah..harap ketua.

safari ramadhan 3 3

Usai ketua memberikan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan tausiyah dari Tim yaitu Bpk Drs. Aidil selaku panitera Pengadilan Agama Rantauprapat. Dalam Tausiyahnya , beliau mengupas tuntas tentang mukjizat al-quran  ayat yang pertama turun yaitu surat al-alaq yang dimulai dengan lafaz Iqra’ yang memerintahkan umat Islam harus pintar baca tidak hanya membaca ayat al-quran tetapi juga ayat kauniyah, karena dari proses membaca inilah maka sumber daya insani akan meningkat dan itu juga akan sangat berpengaruh terhadap diri seorang muslim, keluarga dan masyarakat sekitarnya.tandasnya.

safari ramadhan 3 4

Saat ini umat Islam masih diliputi dengan kondisi sosial yang miskin, mundur dan terbelakang, hal ini disebabkan umat Islam sangat lambat dalam mersepon perintah Allah SWT surat yang pertama tadi. Padahal Allah SWT sudah mengingatkan kita agar kita harus banyak membaca, belajar dan meneliti. Dan itu semuanya untuk meningkatkan dan memberdayakan kualitas dan pemahaman kita akan diri, keluarga dan masyarakat kita..jelas ust yang juga alumni pondok pesantren Purbabaru Mandailing Natal. Selanjutnya bila umat Islam sudah cerdas dan memilki wawasan luas, saya yakin tidak ada lagi anak-anak kita baik pria maupun wanita kawin dalam usia yang sangat dini . Dan kita juga sebagai orang tua akan terus berupaya untuk  memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak kita, sehingga tidak ada ruang bagi mereka untuk berpikir untuk menikah diusia dini karena ruang pikiran mereka untuk itu sudah kita isi dan kita  sibukkan dengan belajar dan mengasah keterampilan mereka..uangkapnya bersemangat.

safari ramadhan 3 5

Di penguhujung acara, Ketua Tim Drs. H. Ribat, S.H.,M.H. memberikan bantuan berupa air minireal, gula dan Teh yang dapat digunakan oleh jama’ah untuk persiapan i’tikaf pada malam Lailatul qadar. Selanjutnya oleh Ketua disampaikan bahwa jangan di lihat dari bentuk atau bendanya tapi lihat dari keikhlasan dan ketulusan hati kami, karena kegiatan ini dikelola secara swadana, sebaliknya pihak BKM masjid Arrahman sangat berharap bahwa kegiatan ini dapat berlanjut tahun depan dan seterusnya.. (semoga barokah.. By RR)  

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg