bintal ketiga 1 2021

Rantauprapat I 20 April 2021

Hari Selasa tanggal 20 April 2021 bertepatan dengan 08 Ramadhan 1442 H bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Rantauprapat, kegiatan rutin selama bulan Ramadhan yakni Pembinaan Mental ( BINTAL ) dan Tadarusan di Kantor Pengadilan Agama Rantauprapat pada pukul 13.00 sampai dengan selesai diisi oleh Bapak Drs. H. Idrsi, S.H ( Hakim Pengadilan Agama Rantauprapat ) dan dihadiri oleh seluruh pegawai dan seluruh Tenaga Kontrak / PPNPN Pengadilan Agama Rantauprapat.

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ، شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ الله، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ، وَحَجِّ الْبَيْتِ

“Islam dibangun di atas lima rukun: Syahadat Laa ilaaha illallaah dan Muhammad Rasulullah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan dan berhaji ke baitullah.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma)

Puasa merupakan kewajiban yang dimiliki oleh seluruh umat yang beragama muslim. Puasa adalah salah satu dari 5 rukun islam yang ada. Rukun-rukun Islam merupakan kesatuan yang saling terkait. Puasa merupakan rukun islam yang ketiga,  ibadah puasa yang dapat mensucikan jiwa, membersihkan hati, dan menyehatkan tubuh. Barangsiapa yang berpuasa karena semata-mata menjalankan perintah Allah dan mencari keridhaanNya, maka puasa tersebut akan menghapuskan dosa-dosanya, dan menjadi sarana untuk mendapatkan surga. Barangsiapa yang melaksanakan rukun-rukun tersebut secara utuh, ia adalah seorang muslim yang sempurna imannya.

bintal ketiga 2 2021

Adapun Hikmah puasa dan manfaatnya sangat berhubungan erat dengan amalan puasa yang dijalani oleh umat muslim. Amalan puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja, melainkan juga dalam melaksanakan ibadah Ramadhan lainnya seperti bersedekah, iktikaf, silahturahmi, menjauhi dari perbuatan haram, dan sebagainya. Agar dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan tahun 2021 ini terdapat beberapa hikmah puasa dan manfaatnya, antara lain :

1. Mengendalikan Hawa Nafsu

Saat berpuasa, umat Islam diajarkan untuk melawan hawa nafsunya, meski apa yang diinginkan itu merupakan sesuatu yang halal. Misalnya, ingin makan dan minum, ingin bergaul dengan istri. "Kalau pada saat puasa Ramadhan mampu menahan diri dari yang halal. Maka insyaallah selepas Ramadhan, kita mempunyai self control dari segala yang diharamkan Allah SWT. 

2. Melatih Disiplin Waktu

Untuk menghasilkan puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup, hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya puasa. Bangun untuk makan sahur dipagi hari juga melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki (makanan).

3. Keseimbangan dalam Hidup

Pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun sayang hanya karena hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu dan lain-lain kita sering melupakan kewajiban kita. Pada bulan puasa ini kita terlatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan.

4. Mempererat Silaturahmi

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, Orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis. Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

5. Lebih Perduli Pada Sesama

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, Orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis. Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

6. Tahu Bahwa Ibadah Memiliki Tujuan

Tujuan puasa adalah melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadhan. Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil. Tapi jika tujuannya gagal maka puasa tidak ada arti apa-apa. Jadi kita terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala macam amal ibadah.

7. Tiap Kegiatan Mulia Merupakan Ibadah

Setiap langkah kaki menuju masjid ibadah, menolong orang ibadah, berbuat adil pada manusia ibadah, tersenyum pada saudara ibadah, membuang duri di jalan ibadah, sampai tidurnya orang puasa ibadah, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah. Sehingga kita terbiasa hidup dalam ibadah. Artinya semua dapat bernilai ibadah.

8. Melatih Hidup Sederhana

Ketika waktu berbuka puasa tiba, saat minum dan makan sedikit saja kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu saja.

9. Melatih Untuk Bersyukur

Dengan memakan hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensykuri nikmat yang kita miliki saat tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat Allah SWT.

Demikian hikmah puasa yang telah dijelaskan, semoga di Ramadhan tahun ini kita mendaptakan semua hikmah dari berpuasa yang menjadikan kita lebih baik lagi setelah Ramadhan tahun ini berakhir. Selanjutkan seluruh Pegawai pengadilan Agama Rantauprapat melaksanakan tadarus Al-quran.

bintal ketiga 3 2021

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg