berita sidkel 1

(Kualuh Leodong18/03/2021). Pengadilan Agama Rantauprapat kembali menyapa masyarakat dalam suatu kegiatan sidang di luar gedung Pengadilan atau yang sering disebut sidang keliling. Kegitan sidang keliling yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021 mulai pukul 09.00 Wib sampai selesai merupakan kegiatan yang membutuhkan kesiapan pishik dan persiapan yang matang, mengingat Desa Teluk pulai luar Kecamatan Kualuh Leodong merupakan daerah sulit karena jarak tempuh yang jauh (tujuh jam perjalanan darat) juga  medan yang sulit, berlobang,licin dan berdebu bila musim kemarau. Namun semua hambatan dan rintangan tidak menjadi penghalang para hakim dan Panitera Pengganti untuk menaklukkannya.  Tim yang dipimpin langsung oleh Ketua PA. Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H.M.H berangkat dari Kantor Pengadilan Agama Rantauprapat pada siang hari Rabu  tanggal 17 Maret 2021 pukul 11. 00 Wib melalui daerah Tanjungbalai, sungai kepayang, dan sungai lobah dan menyusuri daerah perkebunan kelapa sawit  sebelum masuh ke pusat kota Kecamatan Tanjung Ledong. Tim yang dipandu oleh pemuda setempat berhasil tiba di lokasi saat waktu maghrib dan langsung menunaikan shalat maghrib di mesjid terdekat, setelah itu istirahat malam di rumah penduduk sambil menikmati suasana malam yang sepi.

Keeseokan harinya Tim Langsung menuju Lokasi di Balai Desa Teluk  Pulai luar, para pencari keadilan mulai berdatangan dan tepat pukul 09.00 wib acara sidang diluar gedung Pengadilan segera di mulai. Tim yang terdiri dua majelis yakni Drs. H. Ribat, S.H.M.H., dan Drs. Abdul Hamid Lubis, M.H masing-masing selaku Ketua Majelis, dengan hakim anggota Drs. Idris, S.H. Drs.Suhatta Ritonga, S.H. Drs. H.Badaruddin, S.H.,M.H. dan Syukri Adly, S.H.I  M.A . dan masing-masing majelis menyidangkan 15 perkara.

Sidang berjalan lancar dan tertib, satu persatu para pihak dipanggil masuk ruang sidang, begitu juga para saksi turut dipanggil untuk menjadi saksi dalam perkara yang diajukan pencari keadilan.Sebelum masuk waktu Ashar sidang hampir selesai dan untuk proses selanjutnya para pihak dengan sabar menunggu penjelasan dari majelis hakim berkaitan dengan sidang ikrar talak, salinan putusan, dan penerbita Akta cerai bila gugatannya di kabulkan oleh majelis hakim.

berita sidkel 3

            Tim redaksi yang ikut bergabung ke lokasi memantau bahwa pelaksanaan sidang diluar gedung Pengadilan  berjalan cukup lancar. Dan kegiatan ini sangat dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat, betapa tidak ,, kegiatan ini memangkas waktu dan biaya bagi para pihak yang ingin menyelesaikan persoalan hukum keluarganya ke Rantauprapat. Salah seorang pengguna jasa sidang keliling Purnomo mengungkapkan rasa senang dan berterima kasih kepada Pengadilan Agama Rantauprapat yang bersedia datang jauh-jauh ke Teluk Pulai ini, kalau saya bersidang ke Rantauprapat, saya harus menyiapkan uang sebesar Rp. 5 juta untuk biaya perjalanan dan akomodasi selama persidangan dan sampai putus. Tapi dengan kegiatan ini saya hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.180.000,- saja ungkapnya senang. Lain lagi Jumini, pengguna jasa Pengadilan Agama tanpa biaya (prodeo), dia merasa sangat senang dan terbantu dengan kegiatan ini. Alhamdulillah tidak sepeserpun saya di pungut biaya sejak pendafataran sampai dengan perkara saya di putus.tandasnya.

berita sidkel 2

Hal yang sama juga disampaikan oleh camat Tanjung Leodong Bapak Haris, beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua, bapak Hakim dan Panitera dapat berkunjung melaksanakan sidang keliling di daerah ini. Rasanya belum pernah ada seingat saya kegiatan semacam ini di lakukan oleh lembaga penegak hukum kecuali Pengadilan Agama Rantauprapat..PA. Rantauprapat is the Best..sambil mengacungkan jempolnya.

berita sidkel 4

Waktupun berlalu begitu cepat, saatnya tim akan pulang ke Rantauprapat, setelah berpamitan dengan aparat Kecamatan dan Desa serta tokoh agama dan adat, dan tak lupa kepada Bapak sabda dan ust Hidayat yang telah membantu tim dalam hal penginapan dan konsumsi, perlahan Tim bertolak kembali  mengharungi medan dan rute perjalanan yang cukup menantang dan sulit.. semoga sampai tujuan dengan selamat... sukses (by RR)       

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg