sidang aek ledong 1

(Tanjung Ledong 01/03/2021). Kegiatan sidang diluar gedung Pengadilan atau yang sering disebut sdiang keliling, merupakan kegiatan andalan Pengadilan  khususnya Pengadilan Agama Rantauprapat, menginga bila dilihat dari segi luasnya wilayah Pengadilan Agama Rantauprapat meliputi tiga Kabupaten yakni kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan. Sudah barang tentu masyarakat yang butuh layanan tidak semusanya bisa dapat terlayani. Kegiatan sidang keliling yang akan dilakukan oleh Pengadilan Agama rantauprapat merupakan solusi  yang paling tepat guna tersahutinya kebutuhan hukum masyarakat sekitar.

                Untuk menyongsong kegiatan sidang keliling ini, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H.,M.H., dan Sekretaris Pengadilan Agama Rantauprapat Jhoni, S.Ag. pada hari Senin Tanggal 01 Maret 2021 mulai pukul 08.00 s/d dengan pukul 18.00 wib bertolak kelokasi melalui jalur darat via Tanjungbalai, sungai kepayang dan sungai Lobah,,sampai di sunga Lobah, rombongan mulai menempuh jalur yang sangat berat, jalanan penuh lobang yang menganga, lain lagi debu jalanan yang pekat menghalangi jarak pandang, gunjangan demi gonjangan tiada henti selama 2,5 jam diatas kenderaan dinas, mobil yang melintas haru sabar menunggu saat melewati jalan yang penuh lobang dalam dan mengnganga,, beberapa kali mobil kandas dan terpatar.. terpaksa Pak Jhoni begitu panggilan akrabnya turun dan memandu driver untuk mengikuti instruksinya,, bila luput mobil bisa terjungkal.

sidang aek ledong 2

Tepat pukul 11.30 kami tiba gerbang kota Kecamatan, dan dijeput  langsung oleh Ketua MUI Kecamatan Tanjung Ledong Ust. Hidayat yang juga satu Madrarah  dengan Ketua PA Rantauprapat. Tawa dan canda mengalir menghilangkan rasa capek perjalanan ketika bertemu. Saya dan Ust Hidayat  6 tahun bersama satu lokal di Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso sekarang YMPI,, tutur ketua.  Dengan sigap Ust Hidayat memandu perjalan menuju kantor camat Tanjung Ledong dan disambut hangat oleh Pak Camat. Bagaimana perjalanannya ? uangkapnya pembuka kata..ya seperti ikut off road la.. sambut katua. pak camat langsung menununjukkan Lokasi Aula dan rumah dinas Camat  yang dapat digunakan untuk Tim nantinya. 

                Selama survei banyak pengalaman yang diperoleh sambil silaturrahmi,, tutur Jhoni. Kita juga dijamu makan siang oleh Pak Camat, kemudian diminta juga untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat sekitar dalam hal permintaan pendapat soal arah kiblat yang saat ini ada perbedaan pendapat. Namun semuanya dapat diselesaikan dengan musyawarah antar elemen masayarakat dan pemerintah.

                Jam sudah menunjukkan pukul 15.30 Wib, saatnya Tim kembali pulang, agar tidak kemalaman ditengah perjalanan, mengingat rute perjalanan pulang ke Rantauprapat membutuhkan waktu 6 sampai dengan 7 jam...semoga perjalanan ini dalam lindungan Allah SWT. amin Yrb alamin. (ByRR)

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg