Laptah 1

laptah 3Rantauprapat I 17 Februari 2021

Mahkamah Agung Republik Indonesia mengadakan kegiatan Laporan Tahunan untuk Tahun 2020 yang disiarkan secara live melalui kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia. Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H., M.H sesuai dengan Surat Undangan elektronik Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia ikut hadir menyaksikan secara virtual acara Sidang Istimewa Mahkamah Agung dengan acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2020, pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2021 pukul 10.00 Wib.  

Kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia dilaksanakan setiap awal tahun sebagai bentuk keterbukaan informasi mengenai kinerja Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada tahun ini, kegiatan Laporan Tahunan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemic covid-19 Mahkamah Agung melaksanakan kagiatan Laporan Tahunan  yang bertemakan “ Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan” ini dilaksanakan secara terbatas dan bermakna bahwa inovasi peradilan elektronik (E-Court) Mahkamah Agung memungkinakan proses peradilan berlangsung cepat dan terukur dengan sistem perangkat yang terintegrasi.

Kegiatan ini selain diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat juga diikuti oleh seluruh satuan kerja Peradilan di Indonesia, dan juga dihadiri Presiden, Wakil Presiden dan para Pimpinan Lembaga Negara dan para Pejabat tinggi lainnya.

Laptah 2

Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. Ada beberapa poin penting yang disampaikan beliau, antara lain :

  • Penanganan perkara di masa pandemic telah menimbulkan ancaman besar bagi keselamatan warga peradilan dan para pencari keadilan sehingga Mahkamah Agung telah mengambil langkah cepat untuk melindungi segenap aparatur dan para pencari keadilan dengan mengubah mekanisme persidangan konvensional menjadi elektronik;
  • Pandemi mendorong percepatan regulasi tentang administrasi dna persidangan perkara secara elektronik.
  • Mahkamah Agung menerbitkan sejumlah kebijakan dalam bentuk surat edaran sebagai panduan bagi pelaksanaan aparatur peradilan di amsa pandemic.

Pencapaian Mahkamah Agung pada Tahun 2020 :

  • Jumlah perkara yang diterima di Tahun 2020 merupakan jumlah perkara sepanjang sejarah Mahkamah Agung;
  • Penyelesaian perkara mencapai rekor tertinggi dengan Hakim Agung yang relative sedikit.
  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg