26 Jan 2021 1

26 Jan 2021 2

Rantauprapat I 26 Januari 2021

 

“ Disiplin Harga Mati “ tegas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak YM Dr. H. Abdul Hamid Pulungan S.H., M.H dalam pembinaannya di Pengadilan Agama Rantauprapat dengan bertempat diruang sidang pada hari Selasa tanggal 26 Januari 2021 tepat pukul 08.00 Wib sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Ketua PTA Medan dengan didampingi oleh Ketua Pengadilan Agama rantauprapat Bapak Drs. H. Ribat, S.H., M.H dan Wakil Ketua Bapak Buniyamin Hasibuan S.Ag serta dihadiri oleh seluruh Hakim, Panitera, Para Panitera Muda dan para Kasubbag dan seluruh Tenaga Kontrak/PPNPN PA Rantauprapat memberikan pembinaan rutin yang terjadwal dilaksanakan pada akhir Januari 2021.

Kegiatan pembinaan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ketua PA Rantauprapat, beliau menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Rantauprapat siap melaksanakan Pembangunan Zona Integritas yang dimulai dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Zona Integritas untuk Tahun 2021, dan mudah-mudahan pada tahun ini PA Rantauprapat bisa meraih predikat WBK ( Wilayah Bebas Korupsi ). Untuk membangun Zona Integritas Menuju WBK, banyak hal yang harus diperbaiki PA Rantauprapat sampai dengan saat ini dan mohon bimbingan dari YM Bapak Ketua PTA Medan.

Selanjutnya Ketua PTA Medan memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai PA Rantauprapat. Beliau mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas baik pelayanan kepada masyarakat maupun yang lainnya dan utamanya adalah meningkatkan disiplin kerja. Dalam kegiatan pembinaan PTA Medan ada empat  pengadilan yang mendapat pembinaan pada peridoe pertama Tahun 2021 ini antara lain PA Panyabungan, PA Sidempuan kota, PA Rantauprapat dan PA kisaran.

Selanjutnya YM Ketua PTA Medan memberikan pembinaan dan arahan terkait dengan Pembangunan Zona Integritas. Pada tahun 2020 yang lalu satker peradilan agama Sumatera Utara berjumlah 23 yaitu 1 (satu ) Pengadilan Tinggi Agama dan 22 ( dua puluh dua ) Pengadilan Agama tingkat pertama, dari 23 ada PTA dan PA yang ikut evaluasi MENPAN RB, namun yang sampai di KEMENPAN RB ada 11 termasuk PTA dan PA tingkat pertama. Untuk Tahun 2021 PTA Medan telah berkomitmen tidak ada satupun satuan kerja Pengadilan Agama se-Sumatera Utara yang tidak lulus, dan PTA Medan sebagai kawal depan Mahkamah Agung akan melakukan pembinaan serta monitoring terhadap perkembangan pembangunan ZI sehingga tidak akan ada yang gagal ditengah jalan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM antara lain Penandatanganan Komitmen Bersama yang merupakan tahap awal pelaksanaan Pembangunan ZI harus dilakukan pada bulan Januari Tahun 2021, kemudian pembaharuan Surat Keputusan ( SK Tim ZI) berdasarkan 6 area ZI, dan pelaksanaan Penandatanganan Pakta Integritas juga dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2021, semua kegiatan harus disertakan dengan eviden mulai dari undangan, daftar hadir, dokumentasi sampai notulen.

Terakhir Ketua PTA Medan menegaskan, bahwa dalam rangka membangun ZI menuju WBK hal yang paling penting adalah penegakkan disiplin karena itu merupakan harga mati sesuai dengan Surat Edaran MenPAN RB no 1 Tahun 2021 tentang Penegakkan Disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah, beliau menghimbau di PA Rantauprapat dibentuk Tim dengan Ketuai oleh Wakil Ketua tentang Penegakkan Disiplin  sesuai dengan Surat Edaran MenPAN RB tersebut.

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg