Berita

DYK 1 2021

Rantauprapat I 19 Februari 2021

Jumat, tanggal 19 Februari 2021 pada pukul 09.00 Wib Pengadilan Agama Rantauprapat mendapat giliran dalam penyelenggaraan kegiatan Pertemuan Rutin Dharmayukti Karini Cabang Rantauprapat. Dengan semangat kebersamaan Pengadilan Agama Rantauprapat menetapkan pelaksanaan Pertemuan Rutin Dharmayukti Karini di ruang sidang Pengadilan Agama Rantauprapat dengan dihadiri oleh Ibu Dharmayukti Karini Ny. Farida Ribat dan Wakil 1 serta seluruh ibu Dharmayukti Karini Cabang Rantauprapat.

Pembukaan acara dimulai dengan menyanyikan lagu Hymne dan Mars Dharmayukti Karini, kemudian dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing seksi untuk menyampaikan kegiatan yang terlaksanan pada 1 bulan penuh. Acara dilanjutkan dengan arahan Ketua Dharmayukti Karini, beliau menyampaikan terimakasih atas kehadiran ibu-ibu Dharmayukti pada hari ini, dengan hadirnya ibu-ibu Dharmayukti Karini merupakan support atas sukses nya kegiatan rutin Dharmayukti Karini dan keberlanjutan serta kemajuan organisasi. Beliau juga menghimbau untuk tetap aktif dan diharapkan adanya kegiatan-kegiatan lain yang mengedukasi diselenggarakan di acara pertemuan rutin Dharmayukti Karini pada bulan berikutnya.

Kemudian perkenalan dari Ibu Wakil 1 Dharmayukti Karini, belau merupakan istri dari Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat yang dilantik pada bulan Januari 2021. Setelah beliau memperkenalkan diri, beliau juga menghimbau untuk selalu aktif dalam kegiatan organisasi, ditekankan juga kepada ibu-ibu yang tidak hadir bahkan sama sekali tidak pernah mengikuti diharapkan untuk kebijaksanaannya kepada Ketua Dharmayukti Karini.

Acara berlanjut dengan pengundian doorprice, pengundian arisan dan kegiatan lain yang bersifat positif. Seluruh kegiatan yang terlaksana hari ini tetap memperhatikan protocol kesehatan. Semoga acara hari ini dapat memupuk rasa kebersamaan, mempererat tali silaturahmi, memberikan ilmu dan wawasan tentang berorganisasi. Acara diakhiri dengan makan dan foto bersama.

DYK 1 2021

audiensi 1

(Rabu/17/02/2020). Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H.,M.H. didampingi Sekretaris Pengadilan Agama Rantauprapat melakukan kunjungan silaturrahmi dengan Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.,M.T pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2021 tepat pukul 8.30 s/d 9.30 wib, bertempat di ruang kerja Bupati Labuhanbatu. Kedatangan Ketua dan Sekretaris disambung cukup hangat oleh bapak Bupati, mengingat hari ini merupakan hari terakhir tugas bupati dan besok tugas dan tanggungjawab pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu akan dijabat oleh PLH Muhammad Yusuf Siagian sebagai Sekretaris Daerah  bakal ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Labuhanbatu."Sesuai peraturan dengan berakhirnya masa jabatan bupati, maka sekda akan dilantik sebagai Plh Bupati," kata Andi.

            Dalam pertemuan yang cukup santai dan hangat tersebut, Ketua Drs. Ribat, S.H., M.H. menyampaikan selamat  dengan perolehan suara  bapak Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe dalam Pilkada yang lalu, meskipun selisih suara dengan calon lainnya sangat tipis. Ketua berharap walaupun saat ini masih dalam proses persidangan di Mahkamah Konstitusi , Insya Allah hasil penghitungan sura oleh KPU daerah Labuhanbatu tidak meleset dan sesuai dengan aturan yang berlaku..harap Ketua.

 

audiensi 2

 

Selain itu Ketua juga menyampaikan kondisi  Pengadilan Agama Rantauprapat yang merupakan Pengadilan Agama  Kelas I-B yang seyogyanya sudah memiliki gedung kantor  yang prototype, dan sudah pernah mengajukan pembangunan gedung kantor ke Mahkamah Agung tapi belum mendapat persetujuan  dengan alasan tidak jelasnya tanah kantornya . Saat ini bangunan kantor Pengadilan Agama berdiri di atas  tanah hibah dari pemerintah kabupaten labuhanbatu, dan surat hibah tanah dari pemerintah kabupaten labuhanbatu belum ada kejelasan hukumnya sampai dengan saat ini. Tegas Ketua.

Oleh karena hari ini merupakan hari terakhir Bapak Bupati bertugas,  saya sangat berharap atas izin Allah  ketika bapak Bupati dilantiknya nantinya  harapan ini masih segar dalam memori bapak Bupati, harap ketua sambil bercanda..

Harapan tersebut, langsung direspon oleh Bapak Bupati dengan janji akan  menyediakan lahan gedung kantor Pengadilan Agama Rantauprapat yang lebih strategis dan dipinggir jalan Raya, agar masyarakat yang berurusan nantinya akan mudah,  sambut Bupati. Tolong doakan saya agar dapat memimpin kembali Labuhanbatu demi kelanjutan proses pembangunan yang sedang kita laksanakan ini. Pintanya;

Semoga apa yang mejadi harapan Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat dan Bupati Labuhanbatu dapat dikabulkan Allah SWT, sehingga apa yang direncanakan dapat segera terwujud (amin yrb by RR)

Laptah 1

laptah 3Rantauprapat I 17 Februari 2021

Mahkamah Agung Republik Indonesia mengadakan kegiatan Laporan Tahunan untuk Tahun 2020 yang disiarkan secara live melalui kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia. Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H., M.H sesuai dengan Surat Undangan elektronik Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia ikut hadir menyaksikan secara virtual acara Sidang Istimewa Mahkamah Agung dengan acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2020, pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2021 pukul 10.00 Wib.  

Kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia dilaksanakan setiap awal tahun sebagai bentuk keterbukaan informasi mengenai kinerja Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada tahun ini, kegiatan Laporan Tahunan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemic covid-19 Mahkamah Agung melaksanakan kagiatan Laporan Tahunan  yang bertemakan “ Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan” ini dilaksanakan secara terbatas dan bermakna bahwa inovasi peradilan elektronik (E-Court) Mahkamah Agung memungkinakan proses peradilan berlangsung cepat dan terukur dengan sistem perangkat yang terintegrasi.

Kegiatan ini selain diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat juga diikuti oleh seluruh satuan kerja Peradilan di Indonesia, dan juga dihadiri Presiden, Wakil Presiden dan para Pimpinan Lembaga Negara dan para Pejabat tinggi lainnya.

Laptah 2

Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. Ada beberapa poin penting yang disampaikan beliau, antara lain :

  • Penanganan perkara di masa pandemic telah menimbulkan ancaman besar bagi keselamatan warga peradilan dan para pencari keadilan sehingga Mahkamah Agung telah mengambil langkah cepat untuk melindungi segenap aparatur dan para pencari keadilan dengan mengubah mekanisme persidangan konvensional menjadi elektronik;
  • Pandemi mendorong percepatan regulasi tentang administrasi dna persidangan perkara secara elektronik.
  • Mahkamah Agung menerbitkan sejumlah kebijakan dalam bentuk surat edaran sebagai panduan bagi pelaksanaan aparatur peradilan di amsa pandemic.

Pencapaian Mahkamah Agung pada Tahun 2020 :

  • Jumlah perkara yang diterima di Tahun 2020 merupakan jumlah perkara sepanjang sejarah Mahkamah Agung;
  • Penyelesaian perkara mencapai rekor tertinggi dengan Hakim Agung yang relative sedikit.

PKS LABUHANBATU  1

(Rantauprapat/08/02/2021). Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan sejahtera atau disingkat PKS melakukan audiensi kepada Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat pada hari Senin tanggal 8 Pebruari 2020 pukul 14.00 bertempat di ruang kerja ketua Pengadilan Agama rantauprapat.

Selengkapnya: PKS LABUHANBATU KUNJUNGI KETUA PA RANTAUPRAPAT.

(Medan/05 Februari 2021) Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat,S.H.M.H. turut serta menghadiri pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Medan yang baru Dra. Hj. Ervi Desrina Hasibuan, S.H.M.H Pada hari Jumat  tanggal 05 Februari 2021 bertepatan dengan 23 Jumadil Akhir 1442 H  pukul 09.30 WIB sampai selesai, bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Medan.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh   Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. dan tamu undangan serta seluruh aparatur Pengadilan Agama Medan.

PELANTIKAN WAKA PA MEDAN 1

Kegiatan pelantikan di awali dengan Pembacaan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Agama Medan Drs. Surya, S.H. yang baru dilantik pada tanggal 04 Februari 2021 yang lalu. Selain pelantikan dan mengambil sumpah jabatan Wakil Ketua, Ketua PA. Medan juga   Hakim baru Pengadilan Agama Medan Dra. Nuraini, M.A. yang sebelumnya menjabat hakim Pengadilan Agama Lubuk Pakam dan Drs. H. Sardauli Siregar, M.A. yang sebelumnya menjabat hakim Pengadilan Agama Sungailiat.

Selengkapnya: KETUA PA RANTAUPRAPAT HADIRI  PELANTIKAN WAKA PA. MEDAN

  • aaaaUCAPAN PELANTIKAN rahmat 2.jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg