SOSIALISASI 1

(Rantauprapat/07/09/2020) mengawali kegiatan kedinasan dipagi hari Senin tanggal 7 September 2020, segenap pegawai Pengadilan Agama Rantauprapat kembali berbenah untuk meningkatkan kualitas SDM pegawai Pengadilan Agama Rantauprapat melalui kegiatan sosialisasi administrasi dan persidangan secara elektronik.

          Bertempat di ruang tunggu Pengadilan Agama Rantauprapat seluruh pegawai begitu hidmat mengiktu soisoalisasi yang disampaikan oleh bapak  Edy Sumardi, S.Ag yang baru selesai mengikuti Bimbingan Teknis  Administrasi Yustisial Kepaniteraan Bidang Sita, Eksekusi dan E-Litigasi di Medan.

 

          Dalam penyampaiannya, bang Edy begitu panggilan akrbanya, memaparkan saat ini Mahkamah Agung sedang giat-giatnya membangun peradilan berbasiskan Teknologi informasi, berbagai regulasi telah di keluarkan guna menyahuti kebutuhan tersebut, mulai dari Perma No 3 tahun 2018 tentang Administrasi perkara di Pengadilan (E-court) meliputi pendaftaran, pembayaran secara online, dan pemanggilan secara eloktronik, kemudian keluar lagi Perma No 1 tahun 2019 tentang persidangan secara elektronik dan ini merupakan pengembangan dari Perma No 3 tahun 2018. Dan ditindak lanjuti lagi dengan SK KMA No 129/KMA/SK/VIII/2019 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.

          Banyak hal baru dari Perma yang baru ini diantaranya Pengguna layanan e-court tidak hanya terbatas pada pengguna terdaftar (advokat) tapi juga telah bisa di gunakan oleh Pengguna lain yang meliputi : perorangan, jaksa, Pengacara Negara, Biro Hukum Pemerintah, TNI/POLRI , Kejaksaan RI, Direksi,/Pengurus atau karyawan yang ditunjuk badan hukum (in House lawyer), kuasa insidentil yang ditentukan Undang-undang. Begitu juga dalam proses persidangan meliputi jawaban, replik, duplik dapat dilakukan secara elektronik.ungkapnya.

          Untuk tahapan pembuktian dimungkinkan pemeriksaan saksi secara jarak jauh dengan menggunakan media komunikasi audio visual. Pembacaan putusan dilakukan secara elektronik, dalam artian para pihak tidak perlu hadir di persidangan, putusan akan dikirimkan ke domisili elektronik (e-mail) dan memilki kekuatan dan akibat hukum yang sah. Begitu juga Upaya hukum banding, kasasi dan Peninjauan kembali bisa dilakukan secara elektronik. Pokoknya, tidak hanya perkara gugatan, perkara permohonan dan gugatan sederhana bisa dilakukan secara elektronik, tandas bang Edy.
SOSIALISASI 2

Pesatnya perkembangan media teknologi dan informasi memaksa kita untuk senantiasa update, tambah bapak Buniyamin S.Ag yang juga Wakil Ketua PA. Rantauprapat, mengingat masuknya Teknologi informasi kedunia peradilan akan merubah sitim peradilan dalam melayani masyarakat dari manual (face to face) kepada digital (dunia maya). Dan ini membutuhkan kesiapan SDM di Pengadilan, bila tidak maka kita akan tertinggal dari kemajuan zaman seolah berjalan di tempat. Sambungnya.

          Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kita saling share pengetahuan, disamping itu keinginan kuat untuk selalu udate terhadap perkembangan zaman merupakan hal yang senantiasa harus kita pelihara dan kembangkan demi kemajuan lembaga peradilan khususnya Peradilan Agama, harapnya.

          Waktu bergulir terus, para pencari keadilan sudah mulai berdatangan, dan acara segera di tutup oleh moderator, dengan harapan Pengadilan Agama Rantauprapat dapat meningkatkan lagi kulitas SDM nya dalam rangka menyahuti perkembangan zaman dalam memberikan layanan hukum dan keadilan (sukses... by RR)

         

 

  • aaaturut berduka cita bapak Aminuddin.jpg
  • aaUCAPAN pak habib .jpg
  • abCAPAN ribat.jpg
  • bUCAPAN buniyamin.jpg
  • cUCAPAN buRABIAH.jpg
  • UCAPAN aidil.jpg
  • UCAPAN Alpun.jpg
  • UCAPAN bakti.jpg
  • UCAPAN joni.jpg
  • UCAPAN  kurniawan.jpg
  • UCAPAN  SUHAIMI SE.jpg
  • UCAPAN suhatta.jpg
  • UCAPAN syai.jpg
  • UCAPAN ZUKRI.jpg
  • zturut berduka.jpg