Berita

KETUA PA RANTAUPRAPAT IKUT MENYAKSIKAN PEMBINAAN TEKNIS YUSTISIAL OLEH YM Dr YASARDIN S.H M.Hum

 26062020 01ok

26062020 02

(Rantauprapat- 26/06/2020) Jum’at tanggal 26 Juni 2020 pukul 09.00 sampai 11.00 Wib Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Habib Rasyidi Daulay M.H bersama dengan Wakil Ketua Drs. H Ribat, S.H., M.H dan Para Hakim PA Rantauprapat ikut menyaksikan Pembinaan Teknis Yustisial oleh YM Dr Yasardin S.H., M.Hum dengan tema Permasalahan Hukum Ekonomi Syariah. Berdasarkan Surat Nomor 2229/DjA/HM.00/6/2020 tentang Pembinaan Teknis Yustisial. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Hakim serta Aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial yang secara rutin di adakan oleh Dirjen Badilag, pada kesempatan ini Pengadilan Agama Rantauprapat tidak termasuk dalam list peserta diskusi Teknis Yustisial akan tetapi Pengadilan Agama Rantauprapat turut menyaksikan kegiatan tersebut guna memperluas ilmu mengenai permasalahan Hukum Ekonomi Syariah.

Acara pembinaan dibuka oleh Bapak Dr. Aco Nur S.H., M.H selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, beliau menyampaikan meskipun di tengah kondisi pandemic Covid-19 Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama masih tetap berjalan dan menjalankan program-programnya sesuai rencana dan diharapkan program-program Direktorat Badan Peradilan Agama direspon oleh seluruh Peradilan Agama baik pada Tingkat Banding maupun pada Tingkat Pertama. Kemudian Pembinaan Teknis Yustisial ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas Hakim dan Panitera atau Panitera Pengganti dalam perkara Hukum Ekonomi Syari’ah.

Yang Mulia Hakim Agung Dr. H. Yasardin S.H., M.Hum yang merupakan Narasumber pada Pembinaan Teknis Yustisial kali ini menyampaikan tentang beberapa hal dalam memeriksa perkara hukum ekonomi syariah pada Peradilan Agama. Salah satu contoh perkara yang diputus oleh peradilan agama, Penggugat adalah anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah melawan Tergugat yang merupakan Lembaga Koperasi jasa Keuangan Syariah sebagai tergugat I, Ketua Koperasi sebagai Tergugat II dan suami Tergugat II sebagai Tergugat III. Dari contoh kasus tersebut, Hakim harus menentukan apakah perkara tersebut masuk dalam kategori Perbuatan Melawan Hukum atau Wanprestasi. Perkara tersebut telah diperiksa dan diputus di tingkat Kasasi Mahkamah Agung.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh Hakim serta Aparat Peradilan Agama agar senantiasa meningkatkan kualitas dalam memutus perkara sehingga Peradilan Agama dapat menegakkan keadilan yang nyata bagi masyarakat para pencari keadilan.

PA RANTAUPRAPAT MENERIMAH HIBAH MOBIL DARI KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

12 Juni 2020 1

( Labusel, 12/06/2020 ) Bertempat di Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan dengan dihadiri oleh Drs. H. Habib Rasyidi M.H ( Ketua PA Rantauprapat, Joni, S.Ag ( Sekretaris ), Drs Aidil ( Panitera ), Eddy Sumardi, S.Ag ( Panmud Hukum ), Drs Syaifuddin ( Panmud Gugatan ) Pengadilan Agama Rantauprapat beserta Plt Kabag Hukum Sekdakab Yakub Arifin, S.H., M.H dan Kabag Keuangan Sekdakab Anita Susilawati Pane, S.E., M.M Serta beberapa jajaran pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melaksanakan acara hibah.

Hibah tersebut merupakan jawaban terhadap pengajuan PA Rantauprapat surat nomor : W2-A4/603/PL.06/VI/2020 perihal Permohonan Hibah Kendaraan Dinas Operasional Kantor terhadap pemerintah Kab. Labuhanbatu Selatan. Bak gayung bersambut, tidak menunggu lama setelah permohonan hibah kendaraan dinas dilayangkan, pemerintah Kab. Labuhanbatu selatan dengan segera mengabulkan permohonan tersebut. Hibah daerah merupakan pemberian dengan pengalihan hak atas sesuatu dari pemerintah atau pihak lain kepada pemerintah daerah atau sebaliknya yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya dan dilakukan melalui perjanjian. Oleh karenanya, hibah berupa 1 unit mobil dinas kepada Pengadilan Agama Rantauprapat bermerek avanza dengan plat BK 1038 LS yang di agendakan pada hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 pukul 13.30 Wib Di Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan dilaksanakan dengan penandatangan serah terima / perjanjian hibah antara pemerintah Kab. Labuhanbatu Selatan dengan Pengadilan Agama Rantauprapat.

Setelah penandatanganan selesai, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat mengucapkan terimakasih atas partisipasi pemerintahan Kab. Labuhanbatu Selatan yang mau mendukung Pengadilan Agama Rantauprapat untuk melaksanakan kegiatan kedinasan.

PEMBINAAN TEKNIS YUSTISIAL OLEH DIREKTORAT JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA

12 Juni 2020 Pembinaan 1

( Rantauprapat I 12/06/2020 ). Pembinaan oleh Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama dilaksanakan secara online melalui aplikasi ZOOM pada hari Jum’at tanggal 12 Juni 2020 pukul 09.00 s-d 11.00 Wib dengan narasumber YM. Dr. Edi Riadi, S.H., M.H dengan tema “Permasalah Hukum Kewarisan dan Hibah”. Sesuai dengan surat nomor : 2063/DjA/HM.00/6/2020 tanggal 10 Juni 2020 Pengadilan Agama Rantauprapat masuk dalam list daftar peserta yang mengikuti pembinaan teknis yustisial tersebut.

12 Juni 2020 pembinaan 2

Pembinaan tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan para Hakim dan pejabat Kepaniteraan PA Rantauprapat di ruang rapat PA Rantauprapat. Dalam pembinaannya YM Dr Edi Riadi S.H., M.H menjelaskan tentang kedudukan dan ahli waris pengganti.

Semoga dengan adanya pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Hakim dan aparat peradilan agama lainnya dalam menyelesaikan permasalahan teknis yustisial. Nf

surat nomor : 2063/DjA/HM.00/6/2020

Rantauprapat I www.pa-rantauprapat.go.id

WAKIL KETUA PIMPIN RAPAT EVALUASI dan PEMBINAAN TENAGA HONORER PA RANTAUPRAPAT

11 jUNI 2020 1

11 jUNI 2020 2

Rantauprapat, Kamis tanggal 04 Juni 2020 bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Rantauprapat Pukul 08.00 Wib, Wakil Ketua Drs. H. Ribat S.H., M.H menggelar rapat evaluasi tenaga honorer PA Rantauprapat didampingi Sekretaris Joni, S.Ag dan Kasubbag Umum dan Keuangan Kiman serta diikuti oleh seluruh tenaga honorer PA Rantauprapat.

Wakil Ketua PA Rantauprapat menyampaikan untuk seluruh tenaga honorer agar dapat meningkatkan kinerjanya dengan kemampuan dan keterampilannya dalam melaksanakan tugas pokok yang telah ditetapkan sebelumnya. Ada penyegaran kinerja untuk beberapa tenaga honorer yang dianggap mampu dengan menambah tugas pokok sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tak lupa pula dalam setiap kesempatan Wakil Ketua PA Rantauprapat menegaskan untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan, ini tentunya tidak hanya menjadi kewajiban tenaga honor melainkan seluruh warga Pengadilan Agama Rantauprapat tentunya.

Diakhir pertemuan, harapan demi harapan disebutkan Wakil Ketua PA Rantauprapat kepada para tenaga honorer untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab lagi dalam pekerjaannya, dapat melaksanakan tugas masing-masing sehingga salah satu tujuan yakni memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan dapat tercapai. Nf

Rantauprapat I www.pa-rantauprapat.go.id

RAPAT USULAN RKBMN PA RANTAUPRAPAT

 

10 Juni 2020 1

Dalam rangka menindaklanjuti surat PTA Medan Nomor : W2-A/1103/KU.01/VI/2020 tentang Permintaan Dokumen RKBMN T.A 2022 dan surat Mahkamah Agung RI Badan Urusan Administrasi Nomor : 163/BUA.4/PL.07/05/2020 tentang Permintaan Dokumen RKBMN T.A 2022, Pengadilan Agama Rantauprapat adakan rapat terbatas pada Rabu 10 Juni 2020 pukul 09.00 di ruang rapat PA Rantauprapat yang dipimpin oleh Drs. H. Ribat S.H., M.H ( Wakil Ketua ) didampingi Sekretaris Joni, S.Ag dan Kiman selaku Kasubbag Umum dan Keuangan yang diikuti oleh beberapa pegawai dan honor dalam lingkup kesekretariatan.

10 Juni 2020 2

Dalam rapat yang menjadi topic utama adalah apa saja yang telah diusulkan pada periode sebelumnya dan belum di realisasi, dan yang akan di usulkan untuk T.A 2022. Pelaksanaan rapat ini juga sebagai wujud peran serta keterlibatan pimpinan dalam menentukan perencanaan, penganggaran serta perealisasian sehingga dapat terorganisir dengan baik mengenai kebutuhan yang paling penting pada PA Rantauprapat

Rapat berakhir pada pukul 10.00 dengan harapan usulan RKBMN PA Rantauprapt dapat disetujui oleh Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI. Nf

  • UCAPAN aidil.jpg
  • UCAPAN Alpun.jpg
  • UCAPAN bakti.jpg
  • UCAPAN habib.jpg
  • UCAPAN joni.jpg
  • UCAPAN  SUHAIMI SE.jpg
  • UCAPAN suhatta.jpg
  • UCAPAN syai.jpg
  • UCAPAN ZUKRI.jpg