Berita

penutupan mtq foto 5

Rantauprapat, Rabu malam tanggal 20 Maret 2019 Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs H Bakti Ritonga S.H., M.H menghadiri acara penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) ke-48 dan Festival Seni Qasidah ( FSQ ) ke-33.

penutupan MTQ 2

 Sejak pukul 20.00 Wib, masyarakat labuhan batu sudah memadati kegiatan acara yang bertemakan “ Kita Aktualisasikan nilai-nilai universal Al-Quran dan seni budaya Islam untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dan damai”.

 PENUTUPAN MTQ foto 3PENUTUPAN MTQ foto 10

Acara MTQ ke-48 dan FSQ ke-33 yang digelar sejak tanggal 16-20 Maret 2019 di area bekas pasar baru jalan diponegoro ini resmi ditutup oleh Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe S.T.,M.T. setelah di umumkannya pemenang di masing-masing kategori .

IMG 0216

Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs H Bakti Ritonga S.H., M.H menghadiri Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-33 tingkat Kabupaten Labuhanbatu di area bekas Pasar Baru, Jalan Diponegoro Rantauprapat pada  hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019. Kegiatan itu bertemakan "Kita aktualisasikan nilai-nilai universal Al Quran dan seni budaya Islam untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dan damai" 

IMG 0346IMG 0351

Pembukaan acara MTQ Labuhan Batu, dirangkai juga dengan beberapa kegiatan lain salah satunya penandatanganan MoU (Kesepakatan Bersama) antara Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu disaksikan Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT.

Kesepakatan Bersama yang ditandatangani Drs. H Bakti Ritonga, SH, MH (Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat), Drs. Safiruddin, MA (Kakan Kemenag Labuhanbatu) dan Drs. Edy Gani Ginting (Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu) ini tentang Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Persidangan Isbat Nikah di Luar Gedung Pengadilan, Akta Nikah dan Akta Kelahiran di Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan pelayanan terpadu ini merupakan bentuk action Pengadilan Agama Rantauprapat dalam hal pelayanan prima.

Kesepakatan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara instansi Pengadilan Agama dengan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu dan Kementrian Agama dalam pelaksanaan pelayanan terpadu dengan tujuan untuk menghasilkan kerjasama dan koordinasi secara nyata para pihak dalam pelaksanaan pelayanan terpadu melalui persidangan Isbat Nikah , penerbitan akta nikah dan akta kelahiran di Kabupaten Labuhanbatu.

FOTO APEL 18 MARET 1

Rantauprapat, Senin 18 Maret 2019 bertempat dihalaman kantor PA. Rantauprapat dilaksanakan kegiatan apel pagi rutin yang bertindak sebagai pembina apel Ketua PA. Rantauprapat, Drs. H Bakti Ritonga SH MH dan pemimpin apel Kaharuddin

Pada kesempatan apel kali ini, dalam amanatnya ketua PA. Rantauprapat menyampaikan kabar bahagia kepada seluruh pegawai PA Rantauprapat dan mengucapkan selamat mengenai empat orang hakim PA. Rantauprapat yang lulus Ujian Profille Assesement dan FIT and Profit Test antara lain:

1. Drs. H Rudi Hartono S.H

2. Drs. H. Abdul Rahim M.H

3. Drs. H. Ribat S.H M.H

4. Drs. Jakfaroni S.H

FOTO APEL 18 MARET 2FOTO APEL 18 MARET 3

Seluruh warga peradilan Agama Rantauprapat memberi ucapan selamat kepada keempat orang hakim PA. Rantauprapat yang dapat mengikuti rangkaian acara tersebut dengan baik, dan telah mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Disamping itu ketua PA. Rantauprapat menghimbau untuk melaksanakan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dengan komitmen yang tinggi guna mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan PERMENPAN RB NO.52 Tahun 2012. 

FOTO STUDI BANDING 1

Jumat, 15 Maret 2019 – Pengadilan Agama Rantauprapat juga Pengadilan Agama Sidikalang berkunjung ke Pengadilan Agama Stabat, adapun maksud dari kunjungan tersebut selain menjalin tali silaturahim juga untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani ( WBBM ) yang telah dicanangkan pada tanggal 11 Februari 2019 di Pengadilan Agama Rantauprapat.PA Rantauprapat memilih PA Stabat sebagai tempat studi banding karena PA Stabat telah terlebih dahulu melaksanakan Zona Integritas pada tahun 2016.

FOTO STUDI BANDING 2FOTO STUDI BANDING 3

Ketua Pengadilan Agama Stabat (Drs. H. Imaluddin, S.H., M.H), menyambut baik kedatangan rombongan Pengadilan Agama Rantauprapat diruang rapat Pengadilan Agama Stabat. Kemudian Wakil Ketua Pengadilan Agama Stabat ( Drs MHD Nuh S.H., M.H ) memberikan penjelasan mengenai beberapa hal tentang Pembangunan Zona Integritas, “program prioritas Mahkamah Agung sekarang adalah Zona Integritas, dan Zona Integritas ini adalah bagian dari Reformasi Birokrasi. Untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya harus di dukung dengan Akreditasi Penjaminan Mutu ( APM ), Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), Zona Integritas ( ZI ) dan pelaksanaan 8 area Reformasi Birokrasi karena Reformasi Birokrasi ini merupakan langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional”, tuturnya .

Sesi diskusi dibuka setelah pemaparan dari wakil ketua PA Stabat, panitera dan sekretaris selesai, Diskusi berlangsung hangat dan diwarnai tanya jawab seputar langkah-langkah penting dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Selanjutnya PA Stabat mempersilahkan untuk melihat dan mempelajari dokumen Zona Integritas dan aplikasi pendukung yang dimiliki PA. Stabat sebagai pedoman perbandingan untuk dapat melaksanakan Pembangunan Zona Integritas.

FOTO STUDI BANDING 5FOTO STUDI BANDING 4

Dari studi banding ini dapat  disimpulkan bahwa kunci dari keberhasilan dari Pembangunan Zona Integritas adalah komitmen, kesepahaman, dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan pelaksana.

Ucapan terimakasih Pengadilan Agama Rantauprapat disampaikan oleh Ketua Drs H Bakti Ritonga S.H., M.H kepada Pengadilan Agama Stabat karena telah menerima kedatangan dan memberikan pemahaman dan dokumen seputar Zona Integritas. Kemudian besar harapan Pengadilan Agama Rantauprapat untuk dapat mensukseskan pembangunan zona integritas dan sharing yang diberikan terkait langkah-langkah untuk mendorong suksesnya pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Rantauprapat dapat dilakukan lebih mendalam.

Rapat Role model 1Senin, 11 Februari 2019 tepat pukul 14.00 dan bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Rantauprapat mengadakan rapat guna melaksanakan pemilihan Agent Of Change Pengadilan Agama Rantauprapat. Pemilihan ini digelar dalam rangka memenuhi salah satu komponen pengungkit bidang pembangunan zona integritas di PA Rantauprapat. Tepatnya Pengungkit 1 Manajemen Perubahan, poin keempat, Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja.

Pada Pemilihan Role Model, Pimpinan otomatis menjadi Role Model Pengadilan Agama Rantauprapat yakni ketua Drs H Bakti Ritonga S.H., M.H. Pimpinan organisasi di lingkungan peradilan mempunyai pengaruh yang luas, sehingga perilaku pimpinan akan menjadi contoh bagi para pegawai untuk bertindak dan berperilaku. Perilaku pimpinan yang baik sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi akan mempermudah usaha untuk mengubah perilaku bawahannya.

foto rapat Role model 3rapat role model 2

Pada pelaksanaan pemilihan Agen Perubahan ( Agent Of Change ), Peserta yang dipilih adalah seluruh aparatur PA Rantauprapat terdiri dari hakim, pegawai kepaniteraan, kesekretariatan dan tenaga honorer Pemilihan dilakukan berdasarkan kriteria berdasarkan PERMENPAN RB Nomor 27 Tahun 2014. Agen Perubahan merupakan individu dari tingkat pimpinan sampai dengan pegawai yang mampu memberikan perubahan Yang terpilih sebagai Agen Perubahan dapat dijadikan contoh dalam bekerja, bertingkah laku serta memiliki Mindset dan Culture Set yang lebih maju guna mewujudkan peningkatan kinerja dengan integritas dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi

rapat role model 4

Setelah melalui proses pemilihan dan perhitungan suara yang cukup ketat, Agent Of Change yang terpilih , antara lain :

  1. Drs H Rudi Hartono, S.H, sebagai agen perubahan dari Hakim dengan kriteria Integritas.
  2. Khoirul Bahri S.Ag, sebagai agen perubahan dari Kepaniteraan dengan kriteria Profesionalisme.
  3. Kiman, sebagai agen perubahan dari Kesekretariatan dengan kriteria Disiplin.
  4. Enny Julianty, sebagai agen perubahan dari tenaga honorer sebagai kriteria Akhlak dan Etika.
  • B-Niva.jpg
  • B Erpi.jpg
  • Nora.jpg
  • P-Eddy.jpg
  • P-Hamid.jpg
  • P-Idris.jpg
  • P-Imron.jpg
  • P-Jakfar.jpg
  • P-Rahim.jpg
  • P-Ribat.jpg
  • P-Rudi.jpg
  • P-Zukri.jpg
  • P Weri.jpg