Berita

Sidang Terpadu Akhir Tahun Pengadilan Agama Rantauprapat

panaihulu1

panaihulu3

Kamis tanggal 28 Nopember 2019 di dua Kecamatan yakni Panai Hulu dan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B bekerjasama dengan  Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu untuk yang ketiga atau terakhir dalam periode tahun 2019 melaksanakan Sidang Terpadu Isbat Nikah.

Acara dilaksanakan di Kantor Kecamatan Panai Hulu yang dihadiri oleh segenap warga Pengadilan Agama Rantauprapat, Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, Kecamatan Panai Hulu dan Bilah Hilir, KUA Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu. Dan pelaksanaan Sidang Terpadu kali ini merupakan sidang terakhir sekaligus penutupan pelaksanaan Program Pengadilan Agama Rantauprapat Sidang Terpadu Isbat Nikah periode Tahun 2019 di tiga Kabupaten.

Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya Akta Nikah bagi seluruh Warga Negara Indonesia khususnya bagi warga Kabupaten Labuhanbatu untuk kelangsungan hidup bernegara. Dan ucapan terimakasih yang disampaikan kepada segenap instansi pemerintahan kabupaten yang telah bekerjasama dalam terlaksananya acara Sidang Terpadu Isbat Nikah ini semoga pada tahun berikutnya kita masih diberi kesehatan dan umur yang panjang agar dapat melaksanakan kembali Sidang Terpadu Isbat Nikah seperti hari ini. 

Sidang Terpadu Isbat Nikah ini dilaksanakan pada pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai dengan 5 (lima) Majelis persidangan yang terdiri dari 5 (lima) Hakim dengan masing-masing Hakim Tunggal dibantu dengan Panitera Pengganti dengan calon pasangan suami isteri sebanyak 111 pasangan. 

Pelayanan Terpadu Pengadilan Agama Rantauprapat

di Kecamatan Bilah Barat

2

Kamis, Tanggal 24 Nopember 2019 di Kantor Kecamatan Bilah Barat Pengadilan Agama Rantauprapat bekerjasama dengan pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, KUA Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Pelayanan Sidang Terpadu Isbat Nikah untuk 3 Desa di Kecamatan Bilah Barat dengan 111 calon pasangan suami isteri.

Acara yang di laksanakan pada pukul 08.00 Wib itu dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, dan segenap warga Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B, Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Camat serta jajarannya Kecamatan Bilah Barat, KUA Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam pembukaan acara Ketua Pengadilan Agama Ratauprapat Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H menyampaikan bahwa, Pelaksanaan dari Sidang terpadu Isbat Nikah ini adalah untuk mengesahkan pernikahan secara Negara dalam bentuk Akta Nikah, Akta Nikah itu penting untuk menjamin masa depan anak-anak bangsa khususnya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu  Kecamatan Bilah Barat, mulai dari kepentingan sekolah, kerja, juga untuk menunaikan rukun islam yang terakhir dalam agam islam yakni naik haji.

Terimakasih juga tak luput diucapkan Ketua Pengadilan Agama kepada pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu dan jajarannya sehingga acara Pelayanan Terpadu Isbat Nikah ini dapat berjalan dengan baik dan aman.

Kemudian kata sambutan sekaligus membuka acara siding Isbat Nikah yang  sampaikan oleh H Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T selaku Bupati Kabupaten Labuhanbatu, beliau juga mengatakan bahwa acara pelaksanaan Isbat Nikah ini merupakan ibadah bagi kita semua yang melaksanakannya, kegiatan ini merupakan ibadah maka tentulah kegiatan ini akan dapat pahala dan berkah keridhaan dari Allah SWT, tidak hanya kali ini kedepan juga kegiatan ini akan kita laksanakan demi masa depan anak-anak bangsa terutama kecamatan bilah barat.

Pembukaan acara di akhiri dengan pemberian secara simbolis Akta Nikah oleh Bupati Kabupaten Labuhanbatu kepada beberapa pasang suami isteri yang telah diisbatkan sebelumnya.

IMG 688625

12 (2)

 

PA RANTAUPRAPAT KELAS I-B KEMBALI MENGGELAR SIDANG TERPADU

sidangisbat 1

Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B kembali menggelar Sidang Terpadu yang diikuti sebanyak 80 calon pasangan suami isteri yang akan diisbatkan atau 80 perkara Isbat Nikah, pada Kamis Tanggal 14 November 2019 di Kantor Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Sidang Terpadu ini dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama Pengadilan Agama Rantauprapat dengan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bilah Hulu, Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu, dan Kementrian Agama Kabupaten Labuhanbatu.

Sidang Terpadu yang dilaksanakan Pengadilan Agama Rantauprapat turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Labuhanbatu H. Andi Suhaimi, S.T., M.T, sekaligus membuka pelaksanaan Sidang Terpadu Isbat Nikah, serta di hadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Bilah Hulu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Di Acara pembukaan sidang terpadu ini, Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengucapkan terimakasih Kepada Pengadilan Agama Rantau Prapat, serta menyatakan bahwa kegiatan Pelayanan Terpadu Isbat Nikah ini merupakan bentuk ibadah bagi kita semua karena telah mempermudah masyarakat untuk mendapatkan status pernikahan yang sah secara Negara, dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segara mengurus surat pernikahan karena pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama dengan Pengadilan Agama memberi pelayanan prima dalam hal pengesahan nikah.

Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat dalam pembukaan acara pelaksanaan tersebut menyatakan bahwa dengan kepastian identitas hukum masyarakat kita bisa membangun keluarga SAKINAH untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang damai dan sejahtera,  oleh karenanya Pengadilan Agama mencoba membantu masyarakat dalam ruang lingkup Pengadilan Agama Rantauprapat untuk mewujudkan hal tersebut. Dan Pengadilan Agama juga ingin mengangkat harkat dan martabat bangsa ini khususnya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang rentan dengan warga yang termarjinalkan. Melalui sidang terpadu isbat nikah ini semoga tujuan Pengadilan Agama dan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam melaksanakan Sidang Terpadu Isbat Nikah untuk membantu masyarakat yang belum mensahkan pernikahannya secara Negara dapat terlaksana dengan baik.

bilahhulu2

bilah hulu3

 

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI PENGADILAN AGAMA RANTAUPRAPAT Kelas I-B

 

 UHP2019 1

UHP2019 4

Pengadilan Agama Rantauprapat mengadakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 pada Senin Tanggal 11 Nopember 2019 di halaman Kantor Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1561/SEK/HM.01.2/11/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019. 

Upacara Hari Pahlawan kali ini bertemakan “Aku Pahlawan Masa Kini”, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H Selaku Pembina Upacara, yang diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B.

UHP2019 2

Upacara berjalan Khidmat, Pembina Upacara menyampaikan Amanat Menteri Sosial RI, bahwa Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kia Bung Karno yang mengatakan bahwa “..hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…” .Selain itu Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “ Aku Pahlawan Masa Kini ”.

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong-menolong sesame yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan oranglain dan sebagainya.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan airmata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, bercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun Negeri Menuju Indonesia Maju.

Upacara selesai, dengan di akhiri doa yang dipimpin oleh Drs. H. Badaruddin Munthe S.H., M.H (Hakim PA Rantauprapat).

UHP2019 5

UHP2019 3

"  AKU PAHLAWAN MASA KINI √

 

PENGADILAN AGAMA RANTAUPRAPAT TANDATANGANI MoU (Memorandum of Understanding)

MoU LKP1

Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B melakukan penandatanganan Naskah Kerjasama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Visioner Rantauprapat pukul 09.00 Wib pada Jum’at Tanggal 08 Nopember 2019 .

Naskah Kerjasama tentang Pelaksanaan Magang Bagi Peserta Didik Nomor : 019/VISIONER.01/SKEP/10/2019 dengan Nomor : W2-A4/1053/HM.01/XI/2019 di lakukan oleh Bapak Syamsul Bahri, A.Md.Kom, S.E selaku Pimpinan LKP. Visioner Rantauprapat DAN Bapak Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat di ruang Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat.

MoU LKP2

Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat memberikan sambutan pada acara penandatangan MoU tersebut mengatakan, menyambut baik hal tersebut sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku, karena MoU ini untuk meningkatkan kualitas serta memberi manfaat terhadap anak didik tersebut. Kiranya kegiatan ini bukan hanya Penandatangan MoU saja, akan tetapi dengan adanya kerjasama ini akan menciptakan anak didik yang berkualitas serta dapat mengaplikasikannya dengan baik dalam rangka mencerdaskan anak-anak bangsa yang lain.

  • aa-ll ucapan Syukri adly.jpg
  • AA-MM UCAPAN ribat h.jpg
  • AA-MN ucapan pak rahim.jpg
  • AA-N UCAPAN JAKFARONI.jpg
  • AA-N UCAPAN rudi hartono.jpg
  • Aa-Sahlan.jpg
  • B-Niva.jpg
  • B Erpi.jpg
  • Nora.jpg
  • O UCAPAN SAMLAH.jpg
  • P-Eddy.jpg
  • P-Hamid.jpg
  • P-Idris.jpg
  • P-Imron.jpg
  • P-Jakfar.jpg
  • P-Rahim.jpg
  • P-Ribat.jpg
  • P-Rudi.jpg
  • P-Zukri.jpg
  • P Weri.jpg