Berita

PENYEMATAN PIN ZONA INTEGRITAS PA RANTAUPRAPAT

PIN 1

PIN 2

Pada Jum’at 15 Mei 2020, bertempat di aula Pengadilan Agama Rantauprapat pukul 10.00 Wib Ketua PA Rantauprapat Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H dan Wakil Ketua PA Rantauprapat Drs. H. Ribat S.H., M.H serta seluruh Pegawai PA Rantauprapat melaksanakan kegiatan menyematkan Pin Zona Integritas WBK PA Rantauprapat.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PA Rantauprapat dengan harapan kepada seluruh pegawai PA Rantauprapat dengan adanya pin ZI tersebut memberikan semangat baru untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi, Pengadilan Agama Rantauprapat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, dan dengan penyematan yang telah terlaksana kiranya dapat dipahami bahwa sebuah pin Zona Intergritas merupakan sebuah keseriusan Pengadilan Agama Rantauprapat untuk meraih predikat WBBM ( Wilayah Birokrasi Bersih Melayani )

PIN 3

LIVE STREAMING

PIDATO KETUA MAHKAMAH AGUNG RI PERIODE 2020-2025

KMA 1

Bahwa pada tanggal 30 April 2020 Yang Mulia Dr. H. Muhammad Syarifuddin S.H., M.H yang telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua Mahkamah Agung RI dihadapan Presiden Republik Indonesia menggantikan Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H yang memasuki purnabakti, maka pada Rabu tanggal 13 Mei 2020 Mahkamah Agung mengajak para pimpinan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama untuk menyaksikan Live Streaming tentang Pidato Tentang Pergantian Pimpinan Mahkamah Agung Yang Mulia Dr. H. Muhammad Syarifuddin S.H., M.H.

kma 2 

kma3

Acara yang dilaksanakan tepat pukul 10.00 Wib tersebut diawali dengan Laporan Penyelenggara oleh Sekretaris Mahkamah Agung, kemudian dilanjutkan acara inti yakni pidato Ketua Mahkamah Agung RI yang dalam sambutannya beliau memperkenalkan diri sebagai Ketua Mahkamah Agung RI periode 2020-2025, serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung beliau dan memberikan kehormatan untuk memimpin Mahkamah Agung dan badan peradilan Indonesia.

Kemudian dalam sambutannya beliau menyampaikan ajakan kepada semua pihak untuk saling bahu membahu, bekerja keras dengan ikhlas dan semata mata karena Allah Ta’ala melalui Visi Mahkamah Agung “ Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung” akan terwujud sebelum tahun 2035 lebih cepat dari yang direncanakan.

Paradigma Mahkamah Agung pada periode 2020-2025 adalah keberlanjutan kesinambungan kebijakan Mahkamah Agung sebagaimana digariskan dalam Cetak Biru Pembaharuan Peradilan Tahun 2010-2035 dan percepatan pencapaian Misi untuk mewujudkan badan peradilan Indonesia yang agung. Visi dan Misi Mahkamah Agung yang telah ditetapkan akan terus menjadi landasan kita untuk bekerja melakukan pembangunan jiwa dan fisik peradilan Indonesia.

Era Peradilan Satu Atap yang merupakan amanat reformasi bidang Kekuasaan Kehakiman telah mengukuhkan kemandirian peradilan sebagai salah satu syarat Negara Demokrasi. Tugas besar lain bagi Mahkamah Agung saat ini adalah untuk tetap menjaga dan memantapkan kemandirian Kekuasaan Kehakiman. Dan Mahkamah Agung selalu terbuka dengan segala masukkan maupun kritik terhadap peradilan, menyambut baik segala upaya berbagai pihak yang turut memikirkan dan mencintai keadilan untuk bersama membangun peradilan. Mahkamah Agung juga membuka lebar pintu kerjasama dan peran serta dari semua pihak khususnya dari kementrian dan lembaga Negara dari penegak hokum dari para akademisi, dari para praktisi hokum serta dari lembaga masyarakat untuk bersama-sama memajukan dunia peradilan dan mewujudkan peradilan yang agung, dan secara tegas juga beliau menyatakan bahwa Mahkamah Agung menolak segala campur tangan dan upaya-upaya mengubah konsep Peradilan Satu Atap yang telah susah payah dibangun dan terus menunjukkan hasil positif.

Selamat kepada Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin S.H., M.H Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia periode 2020-2025 dan terimakasih atas pidato penyemangat yang telah disampaikan, semoga apa yang telah belaiu sampaikan dapat memberikan semangat baru bagi Badan Peradilan Agama khususnya Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B dalam menjalankan tugas demi terwujudnya Badan Peradilan Agama Yang Agung .

 

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PTA MEDAN

pembinaan 2

pembinaan pta 1

Pengadilan Agama Rantauprapat mengikuti Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Medan pada Jum’at 8 Mei 2020 Pukul 14.00 Wib melalui Virtual Meeting sesuai dengan Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor W.2A/ 966 /PS.00/V/2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Pembinaan dan Pengawasan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama yang berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1702/DJA/PS.00/V/2020 tanggal 4 Mei 2020 dalam rangka meningkatkan fungsi pembinaan dan pengawasan bagi Mahkamah Syar’iyah / Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia.

Pembinaan dan Pengawasan tersebut diikuti oleh pimpinan Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B dengan menyaksikan bimbingan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan H. Abdul Hamid Pulungan yang mana Ketua PTA Medan di damping oleh Panitera dan Sekretaris PTA Medan.

Dalam kesempatan ini, Ketua PTA Medan menyebutkan ada beberapa hal yang akan beliau sampaikan, yang pertama beliau mengabarkan tentang aktif kerja beliau telah dimulai pada tanggal 4 Mei 2020, jadi dalam kesempatan ini juga merupakan salam perkenalan dari Ketua PTA Medan yang telah dilantik pada tanggal 22 Maret 2020 di bertempat di Mahkamah Agung RI.

Kemudian beliau menyatakan bahwa ada beberapa hal yang dalam 3 bulan kedepan harus di capai dengan upaya yang sungguh – sungguh dari kita bersama yaitu :

  1. Peningkatan SIPP
  2. Peningkatan Publikasi Putusan
  3. Peningkatan Kinerja Triwulan II
  4. Peningakatn Informasi di Website
  5. Percepat Pembangunan Zona Integritas

Di akhir acara, Ketua PTA Medan memberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab atau pesan yang akan disampaikan kepada Ketua PTA Medan. Ada beberapa Pengadilan Agama yang mengajukan pertanyaan yang langsung di tanggapi ole PTA Medan. Acara berakhir tepat pada pukul 15.30 Wib, semoga bimbingan dan arahan dari Ketua PTA Medan dapat memotivasi Pengadilan Agama dibawahnya dalam melaksanakan / meningkatkan kinerja pada satker masing-masing.

Rapat Lanjutan pelaksanaan Zona Integritas

Pengadilan Agama Rantauprapat

 ZI1 2020

Pada Rabu, 06 Mei 2020 pukul 13.00 Wib bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B diadakan Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Agama Rantauprapat.

Rapat dipimpin oleh Drs. H. Ribat, S.H., M.H ( Wakil Ketua PA Rantauprapat ) selaku Ketua Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan diikuti oleh seluruh unsur terkait. Kegiatan rapat ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan rencana aksi oleh tim kerja WBK/WBBM yang sebelumnya sudah ada.

Adapun beberapa hal yang dibahas dalam rapat ini diantaranya, laporan sekretaris Zona Integritas tentang sejauh mana progress dari masing-masing zona dan kendala-kendala yang terjadi dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBK ). Kemudian dalam arahannya, Ketua Zona Integritas menyampaikan Zona Integritas ini tidak terlepas dari aparatur Pengadilan Agama Rantauprapat itu sendiri. Dalam pelaksanaan ini juga Pengadilan Agama Rantauprapat akan selalu meminta pendampingan kepada Pengadilan Tinggi Agama Medan.

 

ZI3 2020

Di akhir rapat, Ketua Zona Integritas Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat, S.H., M.H memberikan arahan agar Tim Pembangunan Zona Integritas dapat selalu menjaga kekompakkan dan kerjasama Tim agar Zona Integritas dapat diraih oleh Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I-B.

RAPAT KESEKRETARIATAN PENGADILAN AGAMA RANTAUPRAPAT KELAS I-B

Rapat Kesekrt1

Selasa, tanggal 05 Mei 2020 Pengadilan Agama Rantauprapat kelas I-B menggelar rapat bidang Kesekretariatan pada pukul 08.30 Wib bertempat di Ruang Rapat PA Rantauprapat. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Ribat. S.H., M.H didampingi Sekretaris Pengadilan Agama Rantauprapat Joni, S.Ag, dan dihadiri oleh Kasubbag, staf dan beberapa tenaga kontrak Pengadilan Agama Rantauprapat.

Rapat dibuka oleh Sekretaris PA Rantauprapat kemudian dilanjutkan oleh Wakil Ketua PA Rantauprapat. Beliau memberikan bimbingan dan arahan kepada unit kerja bidang kesekretariatan terutama dalam hal kebijakan Work From Home ( WFH ) dan Work From Office ( WFO ) terkait wabah Covid-19. Karena efek covid-19 banyak pekerjaan yang mungkin terkendala atau bahkkan terlambat oleh karena nya masing-masing unit harus lebih memoerhatikan kinerjanya baik dia merupakan WFH maupun WFO.

 rapat kesekrt2 2020

Dalam rapat kali ini juga pimpinan rapat mengevaluasi kinerja ketiga kasubbag pada bidang masing-masing, serta membahas tentang kendala-kendala apa saja yang terjadi dalam melaksanakan tugas khususnya pada bulan Ramadhan ini. Rapat di akhiri dengan membaca Alhamdulillah, semoga rapat hari ini, dibulan suci Ramadhan ini kita mendapat berkah dan memberikan kita energy positif untuk melaksanakan serta meningkatkan kinerja.

  • UCAPAN aidil.jpg
  • UCAPAN Alpun.jpg
  • UCAPAN bakti.jpg
  • UCAPAN habib.jpg
  • UCAPAN joni.jpg
  • UCAPAN  SUHAIMI SE.jpg
  • UCAPAN suhatta.jpg
  • UCAPAN syai.jpg
  • UCAPAN ZUKRI.jpg