Berita

Rabu, 02 Oktober 2019, bertempat di ruang rapat, Pengadilan Agama Rantauprapat mengadakan Sosialisasi 9 (sembilan) Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag. Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin sekaligus dibuka oleh Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat dan dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Rantauprapat.

9 Apl1

Selanjutnya, ke 9 (sembilan) Aplikasi Unggulan tersebut disosialisasikan oleh Juli Purwanti, S.Kom. selaku pelaksana bagian Umum dan Keuangan, serta Febrida Zainawati, A.Md. dan Erwinsyah yang merupakan tenaga pramubakti Pengadilan Agama Rantauprapat.

 Adapun ruang lingkup penerapan 9 (sembilan) Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag terdiri dari :

1) Aplikasi Notifikasi Perkara

2) Aplikasi Informasi Produk dan Perkara

3) Aplikasi antrean Sidang

4) Aplikasi Data Kemiskinan

5) Aplikasi Command Center

6) Aplikasi PNBP Fungsional

7) Aplikasi e-Eksaminasi

8) E-Register

9) E-Keuangan Perkara

9 Apl2

Dari 9 aplikasi yang akan di luncurkan Ditjen Badilag, 3 aplikasi dapat sekaligus berjalan pada perangkat yang mendukung aplikasi berbasis web, android/ios, dan sms, yaitu aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Informasi Produk dan Antrean Sidang. Ketika pihak berperkara telah melakukan registrasi untuk layanan android, maka secara otomatis akan mendapatkan layanan berupa Notifikasi Perkara, Informasi Produk, dan antrean Sidang (proses registrasi dijelaskan pada langkah penggunaan aplikasi, poin Aplikasi Informasi Perkara).

Sembilan aplikasi unggulan Ditjen Badilag ini harus diterapkan di seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama dalam rangka:

1. Meningkatkan profesionalitas aparatur Peradilan Agama;

2. Mewujudkan manajemen Peradilan Agama yang modern;

3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap Peradilan Agama;

4. Akuntabilitas dan transparansi badan peradilan.

ACO

notifikasi perkara

 

Dengan diterapkannya kesembilan aplikasi ini, sistem pelayanan publik di peradilan agama memiliki standar yang sama bagi setiap pencari keadilan dalam rangka mewujudkan peradilan yang agung.

 

Selasa, 01 Oktober 2019 pukul 08.00 WIB aparatur Pengadilan Agama Rantauprapat melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 yang diadakan di halaman Kantor Pengadilan Agama Rantauprapat dan dihadiri seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional, pelaksana dan pramubakti serta dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Dra. Hj. Erpi Desrina Hasibuan, S.H., M.H.yang bertindak sebagai inspektur Upacara. 

SaktiPAParap 4

Upacara yang diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaaan teks Pancasila oleh inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaaan Undang-undang Dasar 1945 dan pembacaan Ikrar Bersama.

SaktiPAParap 2

 

Kegiatan upacara yang dikomandoi oleh Eddy Sumardi, S.Ag tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat dan ditutup dengan pembacaaan do’an oleh hakim Drs. H. Badaruddin Munthe, S.H., M.H.

Melalui upacara Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Rantauprapat dapat menjiwai sikap nasionalisme dalam lingkungan kerja dan keseharian di lingkungan masyarakat.

Di Pagi yang cerah Selasa (01/10/2019)  bertempat di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat menghadiri Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara yang dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Labuhanbatu  H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T. selaku inspektur Upacara dan bertemakan “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”,   berjalan dengan khidmat dan lancar .

Sakti Pancasila Ketua1

Dalam kegiatan upacara yang dihadiri unsur Forkopimda, Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM, para Asisten, Kepala OPD dan Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat serta para Perwira TNI dan Polri tersebut diisi dengan pembacaan Ikrar oleh Pimpinan Sementara DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan.

Ikrar yang dibacakan Pimpinan DPRD Labuhanbatu tersebut antara lain menyebutkan, bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap negara kesatuan republik indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Sakti Pancasila Ketua2

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu bekerjasama dengan Kodim 0209/LB ini, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT tidak menyampaikan amanat/pidato hanya membacakan teks Pancasila, kemudian mendengarkan seorang petugas dari Aparatur Sipil Negara membacakan Undang-Undang Dasar 1945.

Rapat Pimpinan antara Ketua Pengadilan Agama dan Pimpinan Daerah

 kua1

Jumat, Tanggal 13 September 2019 pukul 09.00 Wib bertempat di ruang Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, di adakan rapat pimpinan yang dihadiri Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Bakti Ritonga S.H., M.H, Wakil Ketua Dra. Hj. Erpi Desrina Hasibuan, S.H., M.H, Panitera H. Alpun Khoir S.Ag., M.H, serta Kadis. Dukcapil Kabupaten Labuhanbatu, Kakan. Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, Camat Kecamatan Bilah Barat, Camat Kecamatan Bilah Hulu, Camat Kecamatan Panai Hulu, Ka. KUA Kecamatan Bilah Barat, Ka. KUA Kecamatan Bilah Hulu, Ka. Kecamatan Panai Hulu, sesuai dengan undangan rapat Nomor W2-A4/853/HK.05/IX/2019 tentang Penetapan Waktu Pelaksanaan Pelayanan Isbat Nikah Terpadu.

 kua2

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat bertujuan untuk mendiskusikan tentang penetapan waktu pelaksanaan Sidang Isbat Nikah Layanan Terpadu yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang di Kabupaten Labuhanbatu dalam beberapa kecamatan. Pelaksanaan Sidang Isbat Terpadu tersebut berdasarkan atas kerjasama Pengadilan Agama Rantauprapat dengan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu (Disdukcapil) dan Kementrian Agama Kabupaten Labuhanbatu. 

Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Rantauprapat

rapat110920191 

Kamis, 11 September 2019 seperti biasa Pengadilan Agama Rantauprapat mengadakan Rapat Koordinasi setiap minggu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan serta Evaluasi kinerja pegawai Pengadilan Agama Rantauprapat. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Drs. H. Bakti Ritonga. S.H., M.H didampingi oleh Wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama Rantauprapat serta dihadiri oleh segenap hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staff dan Para Honorer Pengadilan Agama Rantauprapat.

Rapat dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Rantauprapat, kemudian dilanjutkan dengan himbauan dan arahan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Dra. Hj. Erpi Desrina Hasibuan, S.H., M.H. Beliau menghimbau tentang E-Doc putusan agar mempertahankan kualitas pekrjaannya, dan pada bidang kesekretariatan khususnya kepegawaian untuk mempelajari masalah yang terjadi pada nilai LHKPN, SIKEP dan ABS, serta bagaimana kelanjutan tentang Zona Integritas Pengadilan Agama Rantauprapat.

Selanjutnya himbauan dari Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat. Beliau menanggapi kelanjutan dari apa yang telah disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, dan membuka tanya jawab kepada para hadirin tentang kendala apa saja yang terjadi dalam lingkup pekerjaan masing-masing.

Terakhir himbauan dari Panitera Pengadilan Agama Rantauprapat, H. ALpun Khoir Nasution S.Ag., M.H, yakni khususnya kepada kepaniteraan untuk bertanggungjawab kepada TUPOKSI masing-masing, dan mempertahankan kinerja pada bidang masing-masing.

rapat110920192

Rapat ditutup oleh H Suhaimi selaku Sekretaris Pengadilan Agama Rantauprapat dengan kata Alhamdulillah.

Alhamdulillah rapat hari ini berjalan dengan baik, dan semoga apa yang telah disampaikan oleh para pimpinan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pegawai Pengadilan Agama Rantauprapat untuk bekerja lebih semangat lagi mengejar impian meraih nilai tertinggi pada bidangnya masing-masing. 

   Aplikasi Online:

  • aa-ll ucapan Syukri adly.jpg
  • AA-MM UCAPAN ribat h.jpg
  • AA-MN ucapan pak rahim.jpg
  • AA-N UCAPAN JAKFARONI.jpg
  • AA-N UCAPAN rudi hartono.jpg
  • Aa-Sahlan.jpg
  • B-Niva.jpg
  • B Erpi.jpg
  • Nora.jpg
  • O UCAPAN SAMLAH.jpg
  • P-Eddy.jpg
  • P-Hamid.jpg
  • P-Idris.jpg
  • P-Imron.jpg
  • P-Jakfar.jpg
  • P-Rahim.jpg
  • P-Ribat.jpg
  • P-Rudi.jpg
  • P-Zukri.jpg
  • P Weri.jpg